Nama : Walinda Octavia Limbong

Kelas  : x upw 2


Tugas Kepariwisataan



SUMATRA UTARA


1. Gambaran Umum
- Sejarah
pada zaman pemerintahan Belanda, Sumatra Utara merupakan suatu pemerintahan yang bernama Gouvernement van Sumatra dengan wilayah meliputi seluruh pulau Sumatra, dipimpin oleh seorang Gubernur yang berkedudukan di kota Medan.
Setelah kemerdekaan, dalam sidang pertama Komite Nasional Daerah (KND), Provinsi Sumatra kemudian dibagi menjadi tiga sub provinsi yaitu: Sumatra Utara, Sumatra Tengah, dan Sumatra Selatan. Provinsi Sumatra Utara sendiri merupakan penggabungan dari tiga daerah administratif yang disebut keresidenan yaitu: Keresidenan Aceh, Keresidenan Sumatra Timur, dan Keresidenan Tapanuli.
Dengan diterbitkannya Undang-Undang Republik Indonesia (R.I.) No. 10 Tahun 1948 pada tanggal 15 April 1948, ditetapkan bahwa Sumatra dibagi menjadi tiga provinsi yang masing-masing berhak mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri yaitu: Provinsi Sumatra Utara, Provinsi Sumatra Tengah, dan Provinsi Sumatra Selatan. Tanggal 15 April 1948 selanjutnya ditetapkan sebagai hari jadi Provinsi Sumatra Utara.
Pada awal tahun 1949, dilakukan kembali reorganisasi pemerintahan di Sumatra. Dengan Keputusan Pemerintah Darurat R.I. Nomor 22/Pem/PDRI pada tanggal 17 Mei 1949, jabatan Gubernur Sumatra Utara ditiadakan. Selanjutnya dengan Ketetapan Pemerintah Darurat R.I. pada tanggal 17 Desember 1949, dibentuk Provinsi Aceh dan Provinsi Tapanuli/Sumatra Timur. Kemudian, dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 5 Tahun 1950 pada tanggal 14 Agustus 1950, ketetapan tersebut dicabut dan dibentuk kembali Provinsi Sumatra Utara.
Dengan Undang-Undang R.I. No. 24 Tahun 1956 yang diundangkan pada tanggal 7 Desember 1956, dibentuk Daerah Otonom Provinsi Aceh, sehingga wilayah Provinsi Sumatra Utara sebahagian menjadi wilayah Provinsi Aceh.
-Letak geografis
Provinsi Sumatra Utara terletak pada 1° - 4° Lintang Utara dan 98° - 100° Bujur Timur, Luas daratan Provinsi Sumatra Utara 72.981,23 km².
Sumatra Utara pada dasarnya dapat dibagi atas:
UtaraProvinsi Aceh dan Selat Malaka
TimurSelat Malaka
SelatanProvinsi Riau, Provinsi Sumatra Barat, dan Samudera Indonesia
BaratProvinsi Aceh dan Samudera Indonesia

UtaraProvinsi Aceh dan Selat Malaka
TimurSelat Malaka
SelatanProvinsi Riau, Provinsi Sumatra Barat, dan Samudera Indonesia
BaratProvinsi Aceh dan Samudera Indonesia

UtaraProvinsi Aceh dan Selat Malaka
TimurSelat Malaka
SelatanProvinsi Riau, Provinsi Sumatra Barat, dan Samudera Indonesia
BaratProvinsi Aceh dan Samudera Indonesia

-Ekonomi

Energi

Sumatra Utara kaya akan sumber daya alam berupa gas alam di daerah Tandam, Binjai dan minyak bumi di Pangkalan BrandanKabupaten Langkat yang telah dieksplorasi sejak zaman Hindia Belanda.

Pertanian dan perkebunan

Provinsi ini tersohor karena luas perkebunannya, hingga kini, perkebunan tetap menjadi primadona perekonomian provinsi. Perkebunan tersebut dikelola oleh perusahaan swasta maupun negara. BUMN Perkebunan yang arealnya terdapat di Sumatra Utara, antara lain PT Perkebunan Nusantara II (PTPN II), PTPN IIIdan PTPN IV.

Perbankan

Selain bank umum nasional, bank pemerintah serta bank internasional, saat ini di Sumut terdapat 61 unit Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan 7 Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS). Data dari Bank Indonesia menunjukkan, pada Januari 2006, Dana Pihak Ketiga (DPK) yang diserap BPR mencapai Rp 253.366.627.000 dan kredit mencapai Rp 260.152.445.000. Sedangkan aktiva mencapai Rp 340.880.837.000.

Sarana dan prasarana

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Utara juga sudah membangun berbagai prasarana dan infrastruktur untuk memperlancar perdagangan baik antar kabupaten maupun antar provinsi. Sektor swasta juga terlibat dengan mendirikan berbagai properti untuk perdagangan, perkantoran, hotel dan lain-lain. Tentu saja sektor lain, seperti koperasi, pertambangan dan energi, industri, pariwisata, pos dan telekomunikasi, transmigrasi, dan sektor sosial kemasyarakatan juga ikut dikembangkan. Untuk memudahkan koordinasi pembangunan, maka Sumatra Utara dibagi ke dalam empat wilayah pembangMineral

Pertambangan

Ada tiga perusahaan tambang terkemuka di Sumatra Utara:

Transportasi

Di Sumatra Utara terdapat 2.098,05 kilometer jalan negara, yang tergolong mantap hanya 1.095,70 kilometer atau 52,22 persen dan 418,60 kilometer atau 19,95 persen dalam keadaan sedang, selebihnya dalam keadaan rusak. Sementara dari 2.752,41 kilometer jalan provinsi, yang dalam keadaan mantap panjangnya 1.237,60 kilometer atau 44,96 persen, sementara yang dalam keadaan sedang 558,46 kilometer atau 20,29 persen.
Ekonomi Sumatera Utara selama tahun 2019 tumbuh 5,22 persen dengan pertumbuhan tertinggi dicapai oleh sektor informasi dan komunikasi sebesar 9,63 persen.

-Pemerintahan
Pusat pemerintahan Sumatra Utara terletak di kota Medan. Sebelumnya, Sumatra Utara termasuk ke dalam Provinsi Sumatra sesaat Indonesia merdeka pada tahun 1945. Tahun 1950, Provinsi Sumatra Utara dibentuk yang meliputi eks karesidenan Sumatra Timur, Tapanuli, dan Aceh. Tahun 1956, Aceh memisahkan diri menjadi Daerah Istimewa Aceh.
Sumatra Utara dibagi kepada 25 kabupaten, 8 kota (dahulu kotamadya), 325 kecamatan, dan 5.456 kelurahan/desa.
-Iklim
Daerah ini beriklim tropis. Pada bulan Mei hingga September, curah hujan ringan. Sedangkan Oktober hingga April, curah hujan relatif lebat akibat intensitas udara yang lembab.

2.potensi wisata
-Wisata Alam
• air terjun sipisopiso

Air terjun Sipiso-piso terletak dekat dengan Desa Tongging, Sumatera Utara. Air Terjun Sipiso-piso dikelola sebagai salah satu tempat wisata di Sumatera Utara oleh Pemerintah Kabupaten Karo. Kata piso berasal dari kata pisau karena derasnya air terjun ini bagaikan pisau yang tajam. Air Terjun Sipiso-piso adalah salah satu air terjun yang paling tinggi di Indonesia.

°something to do : kita bisa merasakan cipratan air terjun yang sangat sejuk, dan kita pun bisa menuruni anak tangga yang begitu banyak tetapi tidak akan terasa,karena lelah kita tergantikan rasa kagum dan senag

°something to see : didanau inipun kita bisa melihat pemandangan yang sangat indah.

°something to buy : sesuatu yang bisa kita beli di sini sangat banyak dari makanan ringan sampai makanan berat, dan souvenir yang sangat menarik seperti syal,baju,sendal,gantungan kunci, yang bertemakan danau ini sendiri.

•Danau Toba

Danau Toba adalah danau yang paling terkenal di Indonesia karena ukurannya yang besar dan keunikan yang berupa adanya sebuah pulau di tengah Danau Toba. Dengan panjang sekitar 100 KM dan lebar sektiar 30 KM, Danau Toba adalah danau vulkanik yang terbesar di Asia Tenggara. 

°something to do : kita bisa bermain air, memancing,dan kita pun bisa menyewa kayak dan bermain disekitar danau, merasakan indau nya alam.

°something to see : disana kita bisa melihat pemandangan yang sangat indah, dan melihat kebudayaan batak lainnya seperti tari tarian.

°something to buy : banyak sekali yang bisa kita beli,seperyi miniatur rumah adat batak, ulos, alat musik tradisional batak dan masi banyak lainnya.

•Pulau Samosir

Pulau Samosir adalah pulau yang terletak di tengah Danau Toba yang berada di ketinggian 1,000 meter di atas permukaan laut. Wisatawan dapat menyeberang ke Pulau Samosir dengan menggunakan kapal ferry, atau dengan menggunakan jalur darat. Di Pulau Samosir anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah, menikmati wisata sejarah, wisata budaya dan kuliner Batak, sampai dengan mengunjungi permandian air panas.

°something to do : kita bisa berenang disekitar nya, dan kita juga bisa berkeliling menggunakan motor melalui jalur darat sambil menikmati pemandangan yang indah.

°something to see : menikmati pemandangan panorama asri Samosir. Sawah, pepohonan, rumah khas batak.

°something to buy : kita bisa membeli oleh oleh seperti gsntungan kunci, dan kita pun bisa menikmati Mie Gomak.


-Wisata Budaya

Museum adat batak huta bolon simanindo

Terletak di Desa Simanindo, Kelurahan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.Museum ini merupakan rumah adat warisan Raja Sidauruk dan sejak 1969 bangunan ini dijadikan sebagai museum terbuka. Museum ini terdiri atas sejumlah rumah adat dengan Huta Bolon Simanindo sebagai master place-nya. Koleksinya berupa peninggalan leluhur orang Batak Toba dari Samosir yang antara lain terdiri atas parhalaan, pustaha laklak, tunggal panaluan, dan solu bolon.

•Museum Sumatra Utara

Museum Sumatera Utara (Sumut) terletak di jalan HM Joni No. 51 Medan, Propinsi Sumatera Utara, Indonesia. Museum Sumatera Utara (Sumut) memiliki koleksi patung pengantin beserta ornamen-ornamenya dari suku-suku utama di Sumatera Utara seperti Melayu, Batak Toba, Karo, Simalungun, Angkola, Mandailing, Pak-Pak, dan Nias

•Shri Maha Mariamman
Wisata budaya dan sejarah Kota Medan yang bisa menjadi destinasi pilihan Teman Traveler selanjutnya adalah kuil berusia ratusan tahun. Namanya adalah Kuil Shri Maha Mariamman. Bangunan ini berdiri sejak 1881 untuk keperluan ibadah menyembah Dewa Mariamman. Desain bangunannya sangat khas Hindu dari India Selatan, karena di bagian gerbang kuil, terdapat menara bertingkat yang disebut gopuram.

-Wisata buatan.

•rumah tjong a fie

Rumah Tjong A Fie sudah lama menjadi landmark alias lokasi terkenal di ibu kota Sumatra Utara. Selain arsitekturnya yang terlihat begitu mewah, rumah berukuran besar ini juga melambangkan keberagaman masyarakat Medan yang sudah mulai muncul sejak tahun 1800an. 

•Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit adalah sebuah taman bermain (themepark) yang terletak di Sibolangit dan diklaim sebagai yang terbesar di pulau Sumatera. Terbagi menjadi 3 tema besar yaitu Lost City, Toon town, dan Heritage. Wahana yang ada diantaranya Roller Coaster (Gelegar), Ferries Wheel (Kincir raksasa), 4D theatre, dan amphiteathre berkapasitas 1,200 untuk pertunjukan dan konser.

•Taman wisata rohani salib kasih.


Salib Kasih, Siatas Barita adalah sebuah tempat wisata rohani yang dibuat untuk mengenang jasa missionaris agama Kristen yang berasal dari Jerman DR.Ingwer Ludwig Nommensen(hampir dibunuh di sana karena menyebarkan agama Kristen) memulai missinya di tanah Batak, dan merupakan tempat DR.IL Nommensen untuk memandang ke arah Rura Silindung dibawahnya.Salib Kasih ini terletak di Dolok (Bukit) Siatas BaritaKabupaten Tapanuli UtaraProvinsi Sumatra Utara.

______________________________________________________

Something to do : jadi dalam wisata wisata diatas dapat kita simpulkan bahwa dalam wisata sumatera utara jika seperti wisata alam kita bisa melakukan aktivitas seperti berenang , bermain air, memancing, dan jika di musium musium kita bisa melakukan aktivitas seperti berkeliling melihat barang" bersejarah, dan dalam wisata lainnya kita bisa melalkukan aktivitas seperti bermain beberapa wahana seperti di wisata hillpark.

something to see : di wisata sumara utara kita bisa melihat pemandangan yang sangat indah, dan kita juga bisa melihat berbagai aktivitas adat batak, seperti musik, dan tari tarian, barang barang bersejarah disumatera utara,dan masih banyak lagi.

something to buy : dan banyak juga oleh oleh atau barang barang yang kita beli di sumatra utara seperti ulos,alat musok tradisional batak,syal, miniatur rumah adat batak, dan ada juga makanan makanan khas batak yang sangat enak dan lezat.



••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••
                          SEKIAN TERIMAKASIH:)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Kemana Setelah Lulus SMK???